Penghambat Pelayanan

Salah satu penghambat pelayanan adalah "gosip". Gosip membuat hal-hal yang belum pasti kebenarannya berkembang menjadi masalah besar. Diperlukan hikmat Allah untuk menentukan apakah suatu gosip perlu diklarifikasi atau lebih baik dibiarkan saja.

Dalam pasal ini, Rasul Paulus mengungkapkan kekesalannya terhadap orang-orang yang mengatakan bahwa dirinya hanya berani tegas dan keras bila berjauhan (dalam surat saja), tetapi sebenarnya tidak berani bila berhadapan muka (10:10). Rasul Paulus merasa kesal mendengar gosip semacam itu beredar di tengah jemaat Korintus karena dua hal: Pertama, berdirinya jemaat Korintus merupakan hasil pelayanan Rasul Paulus (10:14), sehingga seharusnya jemaat Korintus itu tahu bahwa gosip semacam itu tidak benar. Kedua, bila dibiarkan, gosip semacam itu bisa merusak wibawa Rasul Paulus, karena bila ia berkata keras dan tegas tentang sesuatu hal, perkataannya hanya dianggap sebagai menakut-nakuti dan sebenarnya tidak demikian (10:9).

Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita agar tidak menyebar gosip yang akan menghambat pelayanan para hamba Tuhan. Sadarilah bahwa bila kita ikut menyebar gosip, kita sudah menjadi alat di tangan Iblis untuk merusak pekerjaan Allah. Bila ada gosip yang sudah telanjur beredar, ada empat hal yang perlu kita lakukan:

     - Pertama, jangan mudah mempercayai suatu gosip, melainkan telitilah kebenaran gosip itu dengan seksama.
     - Kedua, jagalah mulut kita agar kita tidak ikut-ikutan menyebar gosip yang akan menghambat pelayanan hamba Tuhan yang bersangkutan.
     - Ketiga, bila dirasa perlu, temuilah hamba Tuhan itu untuk mengklarifikasi kebenaran gosip yang beredar.
     - Keempat, doakan hamba Tuhan itu.

" Lidah pun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan
dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita
sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan
roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka."
Yakobus 3:6

sumber : http://gkysydney.org/renungan-gema-2010/penghambat-pelayanan.html


1 komentar:

  1. Kalau cuman cerita isi hati kita atau kekesalan kita atau minta solusi dari yg terjadi antara aku dan seseorang, apakah itu termasuk gosip?

    BalasHapus

Berilah komentar yang positif dan membangun :)
God Bless You

Next Prev Next